Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Kebutuhan hidup yang terus meningkat setiap tahun pasti membuat kepala kamu pusing. Gaji hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan. Agar tetap bisa bersenang-senang harus mencari penghasilan tambahan. 

Di sisi lain, statusmu sebagai karyawan tentunya membatasi ruang gerakmu. Di sisi lain, kamu tetap memiliki tanggung jawab di tempat kerja yang sekarang. Kamu pasti penasaran, hal apa saja yang dapat menghasilkan uang tambahan. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan uang sambil tetap bekerja.

  • Menjadi Dropshipper atau Reseller

Berjualan online saat ini sedang ramai-ramainya. Semakin meningkat semenjak sistem dropship dan reseller banyak diterapkan. Kamu bisa menjadi dropshipper dengan menjual berbagai barang milik supplier tanpa harus menyimpan stok. Kamu hanya perlu memanfaatkan platform digital untuk berjualan, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Akulaku, dan toko online lainya.

Kamu hanya perlu menaikkan harga dari supplier, dan nominal tambahan itulah yang menjadi keuntunganmu. Kamu juga dapat menjadi reseller di sini, namun sistem ini menuntutmu harus memiliki stok barang. Artinya, kamu harus kulakan produk barang terlebih dahulu. Sistem reseller mungkin terkesan lebih ribet dari pencatatan stok barang, menangani customer, serta pengemasan produk sampai pengiriman di urus sendiri, tapi kamu mempunyai lebih banyak kebebasan seperti kontrol produk dapat ditangani sendiri, bisa berjualan offline, omset penjualan pun lebih tinggi.

  • Menjadi Broker Properti atau Kendaraan Bermotor

Broker sendiri adalah istilah keren dari makelar. Tugas broker adalah menjadi perantara (orang ke 3) antara penjual dan pembeli. Setiap kali ada transaksi yang berhasil, kamu akan mendapatkan komisi sesuai perjanjian. Hasilnya memang tidak pasti. Namun apabila kamu tekun menjalaninya, komisi yang kamu dapatkan lumayan juga lho. Menjadi broker menuntut kamu untuk pintar berkomunikasi dan luwes melakukan pendekatan kepada orang lain. Kamu juga harus punya channel (pergaulan) yang luas. Pekerjaan ini tidak begitu menyita waktu, dan bisa kamu lakukan sepulang kerja.

  • Ikut Program Affiliate Marketing

Jika kamu mau mendapatkan passive income atau penghasilan tambahan lewat media internet, ini merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan. Affiliate Marketing ialah metode menghasilkan uang melalui kode referral dengan cara iklan produk di beberapa platform online. Platform yang umum digunakan adalah website, landing page, blog, sampai postingan status di sosial media.

Komisi bisa kamu dapatkan ketika ada orang yang (klik) memasukkan kode referral milikmu dan terjadi action berupa pembelian, download apps, pendaftaran member baru. Program affiliate marketing memang dapat menjadikan penghasilan tambahan online dengan nilai yang lumayan. Akan tetapi cara membangunnya tidaklah mudah. Kamu juga wajib memiliki pengetahuan teknis terutama mengenai SEO.

  • Mengambil Job Freelance Online

Internet merupakan wadah yang luas untuk sekedar menampung job freelance. Kamu masih bisa bekerja di kantor sekaligus bisa mendapat penghasilan tambahan dari rumah. Ada banyak situs-situs penyedia job freelance yang dapat kamu searching, contohnya freelancer, sribulancer.com, projects.co.id, fiverr.com. Dan melalui situs-situs tersebut, kamu dapat menemukan berbagai macam pilihan job freelance, antara lain job di bidang desain grafis, web development, copywriting, penerjemah, dsb.

Dan kamu bisa memilih job online yang sekiranya sesuai dengan skill yang kamu kuasai. Tapi kamu tidak bisa serta merta langsung mendapatkan pekerjaan. Kamu harus bersaing dengan para pencari job freelance lain. Oleh karena itu kamu harus membuat profil yang menarik dan memiliki portofolio untuk bisa menjadi bahan pertimbangan. Jika reputasimu baik pada situs tersebut, kamu lebih mudah untuk mendapat banyak pekerjaan.

  • Investasi

Dan jalan lain untuk mendapat uang tambahan adalah dengan berinvestasi. Karena ini juga salah satu cara agar kamu bisa melipat gandakan uang secara halal. Ada beragam jenis investasi yang dapat kamu ambil seperti emas, trading, tabungan deposito, reksa dana, dsb.

Sekarang sudah banyak orang yang minat untuk berinvestasi setelah semakin maraknya platform investasi online. Namun, investasi tersebut tidak bisa sembarangan kamu pilih. Karena masih banyak pengetahuan dasar tentang cara investasi tersebut.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)